Profil pengusaha

Bapak Slamet

1. Latar Belakang
Beranjak dari keinginan bapak Slamet (43 tahun) untuk meningkatkan harga waluh atau buah labu akhirnya dia berusaha dengan mencoba mengembangkan buah labu dengan berbagai modifikasi produk makanan yang berbahan dasar dari buah labu. Hasil produk andalannya adalah Geplak Waluh Bu Nanik. Kegiatan ini bermula ketika Bapak Slamet melihat bahwa waluh atau buah labu ini masih sangat asing untuk dikonsumsi oleh masyarakat umum padahal kandungan gizinya ternyata cukup bagus bagi kesehatan tubuh kita. Mulai saat itulah Bapak Slamet terus mencoba menghasilkan produk yang berkualitas tentunya harus mengalami proses trial and error.
Sumber pendanaan usaha Pak Slamet berasal dari pinjaman yang diajukan kepada BKK Kecamatan Getasan, Desan Getasan. Saat ini Pak Slamet sedang menjalani pembayaran Pinjaman kedua sebesar 5 juta rupiah. Masa Pembayaran tersebut masih berjalan dalam 18 bulan terhitung dari bulan Mei yang lalu dengan beban bunga tetap 2% per tahun.
2. Sumber Daya Manusia
Dalam kegiatan produksinya, Pak Slamet mempekerjakan lima orang tenaga kerja tetap. Upah yang diberikan kepada tenaga kerja yakni Rp 20.000 per hari. Dan gaji tersebut dapat terbilang sudah memenuhi UMR daerah setempat yang berkisar Rp 600.000,-
3. Operasional
Kegiatan produksinya hingga kini masih dilakukan di rumah saja dan kebetulan tempat produksinya masih bercampur dengan dapur rumahnya. Peralatan yang digunakan masih sederhana dengan bermodal panci besar yang berdiameter ±60 cm, kompor yang dibuat sendiri, dan cetakan geplak waluh dari semen. Pengemasannya menggunakan plastic dan kotak kertas. Produk Pak Slamet ini sudah terdaftar secara resmi oleh Departemen Kesehatan.
Pencatatan keuangan usaha Pak Slamet belum dilakukan secara rinci hanya penulisan secara sederhana saja. Terkadang masih bercampur dengan penggunaan keuangan kebutuhan keluarga.
4. Pemasaran
Dalam hal pemasaran, Pak Slamet telah melakukan cukup banyak guna mempromosikan produk-produknya. Pak Slamet sering mengikuti kegiatan seperti pameran-pameran baik tingkat kabupaten maupun kotamadya. Dia sangat tertarik bila mendapat kesempatan untuk dapat mempromosikan hasil-hasil produknya agar masyarakat tahu dan berminat untuk mengkonsumsi buah labu atau waluh.
Kegiatan promosi yang dilakukan hingga kini seperti pembuatan brosur mengenai produk-produknya. Salah satu moment unik pada tahun 2003 yang pernah diliput oleh berbagai media, ketika itu Pak Slamet berinisiatif untuk membuat geplak waluh setinggi 90 cm dan seberat 40 kilo yang ditampilkan dalam suatu kegiatan pameran.
5. Impian Dan Harapan
Kebetulan pak Slamet tinggal di pedesaan yang merupakan pusat penghasil buah waluh maka Pak Slamet sangat berkeinginan untuk mengangkat dan mengolah buah waluh menjadi makanan yang mempunyai nilai ekonomi yang lebih tinggi, apabila ini sudah berhasil, otomatis petani juga ikut merasakan. Pada keterkaitan dengan produksi awalnya, jadi Pak Slamet ingin membangun masyarakat sini juga dan sangat berharap nantinya daerah Getasan dapat dikenal dengan geplak waluhnya.

BIODATA NOMINATOR

Nama : SLAMET

Umur : 43 tahun

Alamat lengkap : Jln. Salatiga – Kopeng
Kompleks Pasar Getasan
Kelurahan Getasan, Kecamatan Getasan
Salatiga, Jawa Tengah
Telpon rumah : (0298) 318 152
Ponsel : 0815 776 17 09
Email : n.a

Nama LKM : BKK Kecamatan Getasan
Salatiga, Jawa Tengah
Alamat LKM : Jln. Salatiga – Kopeng
Kelurahan Getasan, Kecamatan Getasan
Salatiga, Jawa Tengah

Pembina : Jumadi
Kepala BKK Kecamatan Getasan, Desa Getasan
Telpon : (0298) 318 042
Ponsel : 0812 288 28 07
Email : n.a.

Produk : Geplak Waluh bu Nanik

Surveyor : Dian Anggraeni, S.Sos

ukm-center.org/tfiles/File/profil/Bapak%20Slamet.doc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s